MINUMAN KESEHATAN Blog Kesehatan 10 Manfaat Daun Sirih Merah Yang Anda Belum Ketahui AA-18

10 Manfaat Daun Sirih Merah Yang Anda Belum Ketahui AA-18


Sirih termasuk salah satu herba paling berkhasiat yang pernah dikenal manusia. Tanaman yang tumbuh menyulur dan memiliki daun lebar ini kaya akan kandungan saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial. Kandungan-kandungan tersebut menjadikan manfaat daun sirih bagi kesehatan tubuh begitu kaya. Daun sirih dikenal akan sifat anti-septik, anti-inflamasi, dan pendingin kuit. Khasiatnya tak terbatas di permukaan tubuh. Jika dimakan atau diminum air rebusannya, manfaat daun sirih juga akan terasa untuk organ-organ tubuh. Berikut ini 10 manfaat daun sirih merah :

  1. Menghentikan mimisan. Kandungan fenil poppies dan terpene pada sirih merah akan membantu menghentikan pendarahan hidung. Cukup gulung selembar sirih, kemudian masukkan ke lubang hidung yang mimisan.
  2. Pengobatan tukak lambung. Daun sirih merah dan kandungan vitamin C serta zat anti-septiknya mampu melawan kuman yang menyebabkan tukak lambung. Kunyah 1-2 lembar daun sirih merah, kulum selama 10 menit, kemudian dibuang. Lakukan minimal 2 kali sehari.
  3. Pengobatan luka bakar ringan. Alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada sirih merah akan membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar. Hancurkan 3-5 daun sirih merah, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, dan letakkan di kulit yang terbakar 2 kali sehari.
  4. Obat gusi berdarah. Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor akan meredakan peradangan pada gusi berdarah. Rebus 10 lembar daun sirih merah dan gunakan airnya untuk kumur 3 kali sehari.
  5. Obat bronchitis. Rebus 6-10 lembar daun sirih dalam 300 ml air sampai airnya tinggal separuh. Minum secara teratur 3 kali sehari.
  6. Mengobati sakit perut. Kandungan terpenoid dan klavikula pada daun sirih merah bisa mengobati sakit perut. Minum air rebusan 7 lembar daun sirih dan 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan pada perut.
  7. Obat gatal karena alergi dan gigitan serangga. Siapkan rebusan 20-30 lembar daun sirih merah, lalu gunakan untuk mandi 2 kali sehari.
  8. Obat inflamasi prostat. Kandungan tanin, saponin, dan hydroxychavicol akan meregenerasi sel-sel di kelenjar prostat. Rebus 3-7 lembar daun sirih merah yang masih muda dan minum air putih sebanyak 3 kali sehari.
  9. Obat tekanan darah tinggi. Minyak esensial dan fenol akan menstabilkan tekanan darah. Campurkan air rebusan daun sirih merah dengan madu, kemudian minum 2 kali sehari.
  10. Mengobati tumor. Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada di sirih merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

sumber :  https://www.merdeka.com/sehat/manfaat-daun-sirih-merah-dan-hijau-kln.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *